Setiap ibu ataupun orang tua pasti ingin anaknya tumbuh menjadi seseorang yang pintar. Bahkan jika si kecil usianya masih terbilang balita atau baru masuk TK. Tak jarang di usia ini, orang tua mengajarkan anak belajar menulis huruf supaya nantinya bisa lancar belajar menulis. 

Menulis adalah salah satu kemampuan motorik halus yang harus dikuasai anak-anak. Dengan belajar menulis, maka anak-anak memiliki media yang dapat menyalurkan emosi maupun ekspresi diri tentang perasaannya. Sebagai langkah awal belajar menulis, Anda harus lebih dulu mengajarkan anak belajar mengenal huruf. Berikut beberapa cara mengenal huruf yang bisa diterapkan di rumah. 

1. Bermain dengan kartu bergambar

belajar menulis huruf

Ingin si kecil mudah belajar mengenal huruf? Anda bisa memanfaatkan kartu bergambar yang ditawarkan di pasaran. Anda juga bisa membuat kartu bergambar sendiri, dengan mencetak jenis huruf kemudian ditempel di bidang tertentu. Dengan begini, si kecil akan dengan mudah belajar mengenal huruf secara cepat karena sudah sering melihatnya di sekitar rumah. 

2. Menggunakan lagu agar lebih semangat dan ceria

Salah satu metode efektif belajar mengenal huruf bagi si kecil adalah melalui lagu atau musik. Anda bisa mencari berbagai jenis lagu di youtube yang memiliki lirik berkaitan dengan huruf. Sambil diiringi dengan lagu, pasti si kecil semakin bersemangat dengan dan riang belajar mengenal huruf yang dimaksudkan. 

3. Bermain puzzle

belajar menulis huruf

Jika biasanya puzzle berbentuk gambar, tak ada salahnya saat ini Anda mencoba memberikan puzzle berbentuk huruf. Permainan puzzle ini sangat menyenangkan, sekaligus dapat melatih motorik anak untuk bekerja lebih optimal. Permainan dikenal sebagai cara belajar mengenal huruf yang efektif, si kecil juga mudah mengenali dan mengingat huruf yang ada dalam puzzle. 

4. Metode trace the dot atau menghubungkan titik

Sebagai orang tua, Anda harus mengetahui cara belajar menulis huruf trace the dot atau menghubungkan titik yang populer. Metode ini akan sangat mudah diikuti oleh si kecil, bahkan Anda juga bisa membuat pola sendiri secara manual di rumah. Pola titik-titik bisa dibuat menggunakan pensil. Selain itu, tersedia juga buku yang bisa dibeli di toko.