Tubuh anak-anak masih memiliki tingkat kelenturan yang sangat baik. Oleh karena itu, mereka akan lebih mudah mengikuti berbagai jenis senam anak PAUD. Apalagi menurut, Zita Anjani yang merupakan penggiat pendidikan anak usia dini sekaligus founder Kids Republic dikatakan bahwa olahraga senam anak memiliki manfaat besar bagi anak usia dini. 

Menurut Zita, senam pada anak usia dini dapat melatih keseimbangan dan kelincahan tubuh, selain itu olahraga senam bisa membantu perkembangan motorik anak. Simak yuk, efek positif senam untuk perkembangan fisik anak di bawah ini:

senam anak paud
Senam Anak PAUD

1. Mengembangkan kemampuan motorik

Senam anak PAUD adalah salah satu kegiatan yang paling berpengaruh dalam mengemabngkan komponen fisik dan kemampuan gerak pada anak. Dengan kegiatan senam, anak akan menjadi lebih sehat dan kuat, daya tahan ototnya pun akan berkembang. 

2. Melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh 

Dengan melakukan senam anak, maka si kecil bisa melatih keseimbangan, kelenturan tubuh, kelincahan, serta yang tak kalah penting adalah koordinasi antara tungkai dan kaki. Selain itu, gerakan senam juga akan sangat baik untuk melatih keseimbangan dan refleksi tubuh supaya si kecil tidak mudah jatuh. 

3. Meningkatkan kekuatan tubuh si kecil 

Gerakan senam anak PAUD dapat membantu menguatkan otot punggung dan otot perut. Apabila otot punggung dan juga otot perut anak kuat, maka mereka bisa lebih aktif dalam bergerak, bermain, dan juga melompat. 

4. Dapat melatih daya ingat

Senam anak sekolah PAUD mengajak anak-anak melakukan beberapa gerakan. Sehingga supaya mampu melakukan dengan tepat, anak akan membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Mereka butuh daya ingat serta konsentrasi supaya bisa menghafal setiap gerakan sesuai dengan urutannya. Dengan melakukan senam anak PAUD secara rutin, maka si kecil akan belajar fokus dan tekun untuk melatih fisik maupun mentalnya. 

5. Mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung dan stroke

Jika diterapkan sejak dini, senam anak dapat mengurangi kemungkinan si kecil terkena penyakit jantung di masa depan saat dewasa nanti. Apalagi jika kegiatan senam rutin ini diikuti dengan kegiatan fisik pendukung lainnya yang dapat menuntut jantung serta paru-paru bekerja secara aktif sehingga dapat melancarkan sistem sirkulasi darah dan metabolisme tubuh. 

Namun perlu diingat bahwa senam anak TK harus disesuaikan dengan usia dan tingkat kemampuan fisik si kecil ya!