Saat anak mulai bisa bereaksi dan menghafal apa yang ada di depannya, orang tua di rumah sudah mulai membiasakan anak untuk mengenal angka dan belajar huruf abjad secara mandiri di rumah sebelum memasuki kelas playgroup atau TK. 

Sebagai orang tua, Anda bisa mengajarkan anak mengenal huruf abjad melalui berbagai cara. Yuk simak, berikut terdapat beberapa tips untuk membantu anak agar lebih mudah mengenal abjad di usia dini.

belajar huruf abjad

1. Mengenal Huruf Abjad Lewat Bernyanyi

Terdapat lagu adaptasi dari bahasa inggris tentang abjad A, B, C, D, E yang bisa anda coba, nyanyikan lagu itu setiap ada kesempatan bersama anak Anda. Bisa saat sebelum tidur, saat bermain atau bahkan saat makan.

2. Menggunakan Poster atau kartu yang Mencolok

Anak usia dini sangat senang bermain dengan sesuatu yang baru. Anda bisa menggunakan poster atau kartu yang besar dan gambar yang menarik untuk mengajarkan mengenal huruf abjad dan cara bunyi huruf abjad tersebut. Jangan lupa lakukan secara berulang kali supaya anak selalu mengingat.

3. Memberikan Tontonan Dengan Konten Mengajar Mengenal Huruf Abjad

Sesekali anda bisa menggunakan video yang bisa di cari di internet tentang bagaimana mengenal huruf abjad agar anak lebih tertarik untuk belajar. Terdapat banyak pilihan video edukasi untuk balita yang bisa anda pilih di kanal Youtube. 

belajar huruf abjad

4. Ajarkan Mengenal Huruf Abjad Lewat Buku

Saat ini sudah banyak buku dengan fitur menarik yang bisa anda beli. Mulai dari buku yang bisa mengeluarkan bunyi nyanyian, buku bermain yang bisa dilipat dan diputar sehingga akan membantu gerak motorik dan mempermudah anak dalam belajar huruf abjad lewat visual.

5. Repetitive Learning

Cara paling ampuh untuk membuat anak mengenal huruf abjad dan menghafalkannya adalah melalui pengulangan. Orang tua bisa mengulangi keempat tips di atas dengan 1 hingga 2 cara yang berbeda setiap harinya agar anak tidak bosan. Mulai dengan belajar huruf abjad A, B, C, D, E terlebih dahulu, jika anak sudah mulai menghafal, Anda boleh melanjutkan ke abjad selanjutnya.

Bagaimana? Mudah bukan? Yuk, ayah dan bunda ajarkan anak cara belajar baca abjad sendiri di rumah dengan kelima cara di atas!