Sudah semestinya masa kanak-kanak dipenuhi oleh kenangan dan aktivitas menyenangkan. Oleh karena itu, sebagian besar anak memilih bermain daripada belajar. Anda tak perlu cemas, anak tetap masih bisa belajar sambil bermain. Solusinya yakni dengan menyisipkan berbagai permainan edukasi anak yang mampu mengasah kemampuan berpikirnya. Daftar permainan untuk anak berikut ini bisa Anda lakukan di rumah.

1. Menyusun Balok dan Puzzle

permainan edukasi anak

Menyusun balok dan puzzle dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak. Balok terdiri dari berbagai macam warna dan ukuran yang berbeda begitu halnya dengan puzzle. Tingkat kesulitannya juga berbeda-beda. Secara perlahan anak belajar bagaimana cara menyelesaikan masalah, mengasah kemampuan kognitif, gerakan motorik, serta koordinasi antara tangan dan mata yang seimbang.

2. Permainan Papan

Belajar bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan ketika Anda memberikan permainan edukasi anak. Salah satunya permainan papan. Selain menciptakan suasana yang gembira dan menyenangkan saat bermain bersama, ada sejumlah manfaat yang bisa didapat. Seperti belajar mentaati aturan main, mengetahui bagaimana cara bersikap saat menang atau kalah, serta membuat strategi yang tepat. Daftar permainan edukasi untuk anak seperti permainan papan dan kartu mengasah kemampuan berpikir logisnya. Secara tidak sadar, anak dapat belajar hal baru.

3. Kertas Lipat atau Origami

Kemampuan melipat atau origami telah diajarkan sejak si kecil masuk ke lembaga pendidikan seperti Pendidikan Anak Usia Dini atau Sekolah Dasar. Origami merupakan permainan anak yang mendidik, juga dapat dimainkan oleh balita hingga orang dewasa. Kegiatan ini mampu menstimulasi otak, kreativitas, imajinasi, keterampilan, dan kemampuan anak dalam mengendalikan emosi. Selain melipat, kegiatan seperti gunting dan tempel juga termasuk bagian dari daftar permainan anak. Manfaat yang bisa didapat yaitu melatih fokus serta meningkatkan keterampilan motorik baik secara visual dan halus anak.

permainan edukasi anak

Agar suasana belajar tidak menjadi bosan, Anda bisa terapkan daftar permainan edukasi anak yang telah disebutkan tadi. Kemampuan kognitif, logika, dan motorik semakin terasah dengan bantuan permainan edukasi anak. Selain itu, pilihlah mainan edukasi yang sesuai dengan usia anak.