Bahasa Inggris kini menjadi salah satu subjek yang saat ini sangat penting dipelajari oleh anak. Karenanya banyak orang tua yang ingin mengajarkan Bahasa Inggris pada anak secara mandiri. Belajar Bahasa Inggris anak sangat tepat bila dimulai sejak dini karena anak bisa belajar bahasa inggris dengan mudah menggunakan berbagai metode. 

Lantas, bagaimana cara mengajarkan pada anak Bahasa Inggris dengan mudah di rumah? Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini!

Mengenal Prioritas Belajar Bahasa Inggris Anak

belajar bahasa inggris anak

Saat pertama kali Anda mengajarkan Bahasa Inggris pada anak, mungkin dalam benak terpikir “apa sih prioritas utama bagi anak usia dini saat belajar Bahasa Inggris?”. English First, sebagai salah satu lembaga pendidikan Bahasa Inggris ternama mengatakan bila yang terpenting bagi anak saat belajar Bahasa Inggris adalah pengucapan atau pronunciation. 

Pelafalan Bahasa Inggris yang benar dan tepat merupakan langkah awal yang harus dikuasai anak sebelum mereka belajar menulis huruf, membaca, dan melatih kemampuan mendengar. 

Melatif Pronunciation dengan metode Fonik 

Anda bisa melatih pelafalan anak dalam Bahasa Inggris dengan fonik. Fonik sendiri merupakan metode dalam mengajarkan membaca dan pengejaan Bahasa Inggris dengan memberikan kesadaran akan hubungan antara bunyi dan pengejaan. Apabila anak belajar mengenai aturan fonik dan mencoba melatihnya bersama Anda secara terus menerus, maka 80% kosa kata dalam Bahasa Inggris dapat mereka ucapkan dengan baik. 

Belajar Dengan Lagu

Lagu adalah salah satu cara yang efektif untuk belajar kosakata baru dan memperbaiki cara pengucapan. Belajar bahasa inggris dengan mudah bisa dicapai dengan cara menggunakan lagu. Irama dan nyanyian yang menarik akan lebih mudah diingat oleh si kecil, apalagi bila Anda menambahnya dengan gerakan. Ada banyak lagu Bahasa Inggris dengan tema hewan, makanan, buah, yang mudah didengarkan bersama anak. 

Bermain Games

Anak-anak belajar ketika mereka sedang merasa senang. Belajar bahasa inggris anak bisa dilakukan dengan cara menyenangkan yaitu sambil bermain games. Anda bisa mengajarkan bahasa inggris dengan flashcard untuk mengenalkan kosa kata. Permainan flash card sendiri juga terdiri dari berbagai jenis, seperti memori , permainan Kim, Snap atau Happy Family.