Belajar membaca merupakan kegiatan yang menarik dan menyenangkan untuk sebagian besar anak di usia empat tahun, dan ini merupakan masa perkembangan kognitif pada anak, sebetulnya mereka sudah mengenal huruf maupun angka sebelum mereka menginjak usia empat tahun. Namun pada usia inilah waktu yang tepat untuk mengajarkan cara belajar membaca pada anak akan mulai mencerna makna dari angka dan sebuah bacaan yang didengar atau yang mereka lihat.

Cara belajar membaca
Source : parentingclub.co.id

Lalu bagaimana peran Bunda sebagai orang tua untuk bisa membantu si kecil cara belajar membaca? Bunda bisa lakukan cara berikut ini untuk mulai melatih kemampuan belajar membaca pada si Kecil!

  1. Bacakan cerita untuk mereka

Untuk mengenalkan kata-kata yang bisa mereka dengar, Bunda bisa memulainya dengan sering membacakan mereka cerita, tidak harus sampai selesai membacanya dalam satu waktu.

Sehingga bisa menjadikan kegiatan membaca buku itu sebagai aktivitas harian saat bersama si kecil, baik siang maupun malam hari, dengan begitu akan membuat ketertarikan si kecil untuk terus belajar membaca.

  1. Hias kamar anak dengan quotes

Setelah si kecil mendengarkan kata-kata dari bacaan buku cerita, sekarang Bunda bisa mulai memperkenalkan tulisan atau huruf yang bisa Bunda hias di kamar si Kecil. Membiasakan anak melihat huruf-huruf yang membentuk kata akan membuat anak hafal dengan bentuk huruf dan kata tersebut.

Atau Bunda juga bisa menerapkan sight word recognition, dimana itu merupakan cara yang paling efektif untuk belajar huruf dan kata, sight word recognition membantu anak belajar membaca dari tahap awal, dengan cara mengenali dan mengamati kata yang paling sering digunakan.

  1. Buat pesan kecil untuk dibaca

Jika si Kecil sudah mulai masuk TK, Bunda bisa menyimpan surat atau catatan kecil dalam tas sekolah atau pada kotak makan siang mereka, dengan begitu si kecil akan terpaksa untuk membacanya, tentunya itu akan membuat mereka berusaha untuk membaca isi dari pesan kecil yang dibuat. Pesan seperti doa atau mungkin sebuah teka-teki kejutan bisa dibuat dalam catatan tersebut.

Selain pembelajaran dari orang tua di lingkungan rumah, lingkungan sekolah juga sangat berperan penting untuk membantu cara belajar membaca pada anak, misalkan, Bunda bisa menyuruh mereka untuk membacakan buku cerita kepada teman-teman sekolahnya atau mengajak teman-teman sekolahnya yang berada di sekitaran rumah untuk membentuk kelompok membaca atau sekedar kegiatan membaca bersama di rumah.