Aktivitas sehari-hari baik di sekolah atau lingkungan sekitar memberi pengaruh besar terhadap tumbuh kembang anak. Namun, kegiatan ringan seperti membacakan dongeng anak sebelum tidur mampu menstimulasi cara berpikir si kecil. Sebelum memilih cerita dongeng yang ingin dibacakan, Anda harus mengetahui manfaat apa saja yang bisa didapat.

1. Bantu Kembangkan Daya Imajinasi dan Kreativitas

Menidurkan si kecil bisa menjadi pekerjaan yang cukup sulit dan membutuhkan kesabaran. Membacakan dongeng anak sebelum tidur bisa jadi solusi terbaik yang bisa dilakukan orang tua. Selain membuat anak rileks, membaca dongeng mampu mempertajam daya ingat dan memori anak. Cerita dongeng memiliki latar dan karakter yang berbeda-beda. Dengan begitu, anak berusaha membayangkan alur cerita dan hal ini mampu mengasah daya imajinasi juga kreativitas.

2. Tumbuhkan Minat Baca

Tak hanya membuat si kecil terlelap, cerita dongeng bisa membuat anak semakin tertarik dan menumbuhkan minat baca. Anda dapat memilih buku cerita dengan alur menarik disertai gambar dan warna yang menarik. Pemilihan dongeng yang tepat membuat anak menganggap buku sebagai benda yang menyenangkan. Membacakan dongeng juga mengasah kemampuan mendengar anak.

3. Membentuk Karakter Kepribadian

Dongeng bukan sekedar pengantar tidur. Sebagian besar kisah-kisah di buku cerita menyelipkan pesan dan moral yang bisa dipetik. Setelah membacakan dongeng anak sebelum tidur, ada baiknya untuk menyampaikan nilai-nilai positif yang terkandung di dalamnya. Anak bisa menentukan mana yang baik dan buruk, bagaimana cara bersikap di kehidupan sehari-hari, dan hal lain yang bisa membentuk karakter kepribadian.

4. Menciptakan Momen yang Menyenangkan

Kebiasaan membacakan dongeng anak sebelum tidur merupakan momen berharga dan menyenangkan bagi anak dan orang tua. Terlebih ketika anak masih dalam masa pertumbuhan. Masa kecilnya diisi oleh momen yang indah. Hubungan anak dan orang tua bisa jadi lebih akrab dari sebelumnya. Hal seperti ini, tentu dapat mempengaruhi kesehatan mental anak dan memperkuat ikatan batin antara dua pihak.

Meski membacakan dongeng anak sebelum tidur terkesan sederhana, namun kegiatan ini memiliki sejumlah manfaat bagi tumbuh kembang anak. Agar anak semakin tertarik di dunia membaca, Anda bisa pilih cerita dongeng yang sederhana tapi tetap menarik.