Sekolah adalah tempat berlangsungnya proses belajar mengajar, baik itu di dalam kelas ataupun di luar kelas. Pelaksanaan proses belajar mengajar ini ada yang berupa intrakurikuler maupun ekstrakurikuler sekolah yang diadakan diluar jam pelajaran reguler. 

Hampir setiap sekolah menyediakan pelajaran ekskul sebagai sarana meningkatkan perkembangan bakat anak, sekaligus menggali potensi yang ada pada diri mereka. Anda sebagai orang tua jangan hanya memfokuskan pada kegiatan belajar anak, kegiatan ekstrakurikuler sekolah punya banyak manfaat loh, terutama bagi anak usia dini!

1. Anak bisa belajar membagi waktu

ekstrakulikuler sekolah

Saat mengikuti pelajaran ekskul, berarti anak memiliki kegiatan lain selain rutinitasnya sehari-hari, yaitu sekolah. Dengan adanya ekstrakulikuler, mereka juga akan kehilangan waktu untuk bermain sehingga mereka harus belajar untuk membagi waktu dengan cermat tanpa harus mengorbankan hal yang penting, misalnya nilai pelajaran atau waktu istirahat. Ajarkan pada mereka untuk mengetahui mana kegiatan yang prioritas dan tidak. 

2. Anak menjadi pribadi yang lebih aktif

Dengan mengikuti pelajaran ekskul, maka akan memberikan ruang dan kesempatan anak untuk menjadi pribadi yang aktif serta produktif. Ini karena mereka menghabiskan waktu untuk kegiatan-kegiatan yang positif. Melibatkan anak-anak dalam kegiatan ekstra kurikuler akan membuat mereka tetap aktif dan energik dan menurunkan risiko stres serta.

3. Anak dapat bersosialisasi dengan baik

Ekstrakurikuler sekolah juga dapat meningkatkan kemampuan sosial anak. Mereka dapat belajar bersosialisasi, komunikasi yang baik, mengetahui bagaimana cara bersikap, dan memperlakukan orang lain. Ini adalah ilmu yang penting untuk bekal membentuk karakter dan kepribadian mereka. Ruang lingkup pertemanan mereka juga akan menjadi lebih luas. 

4. Mengembangkan minat dan bakat sejak dini

Saat pelajaran ekskul, Anda bisa lebih memahami apa saja minat serta bakat anak saat ini. Sehingga sebagai orang tua, kedepannya bisa menggali potensi dan membimbing mereka melakukan kegiatan yang diminati. Bila anak suka bermain musik, maka disarankan untuk mengikuti ekstrakurikuler menyanyi, main piano, angklung, dan lain-lain. Jika gemar olahraga bisa ikut renang, basket, futsal, senam anak sekolah dasar, hingga gymnastic.