Sebagai orang tua penting untuk memperhatikan perkembangan anak mulai dari fisik dan psikis. Perkembangan fisik bisa saja dengan melakukan sejumlah kegiatan seperti bermain, berolahraga, dan masih banyak lagi. Sedangkan keadaan psikis, cukup sulit untuk dilihat dengan kasat mata sehingga butuh memperhatikan psikologi perkembangan anak. Perilaku orang tua, pola asuh, hingga tekanan sosial dapat mempengaruhi kesehatan mental anak. Jika ingin tumbuh kembang anak jadi lebih baik, berikut informasi terkait hal yang dapat mempengaruhi perkembangan anak usia dini.

psikologi perkembangan anak

1. Pola Asuh

Seperti yang telah disebutkan tadi, pola asuh dapat mempengaruhi kesehatan mental anak. Karakter anak dapat terbentuk dari pola pengasuhan yang didapat dari siapa saja mulai dari orang tua, guru, atau keluarga yang mengasuhnya. Seperti contoh, jika orang tua mengedepankan sikap disiplin, maka anak akan menjadi pribadi yang lebih tertata. Selain itu, penting untuk menanamkan rasa kasih sayang sehingga anak dapat bersikap lebih lembut dan mampu menghargai sesamanya.

2. Interaksi di Lingkungan Sekitar

Keadaan lingkungan sekitar termasuk salah satu faktor eksternal yang dapat memberi pengaruh cukup besar bagi psikologi perkembangan anak. Lingkungan yang baik akan menjadikan anak jadi lebih baik, begitu juga sebaliknya. Peran orang tua sangatlah penting untuk selalu mengawasi aktivitas tumbuh kembang anak. Hal tersebut bertujuan agar anak tidak terpengaruh dengan lingkungan yang buruk.

3. Trauma

psikologi perkembangan anak

Perlakuan atau pengalaman yang tidak menyenangkan seperti kekerasan fisik atau melihat pertengkaran di dalam keluarga secara terus menerus dapat menjadi trauma bagi anak. Trauma dapat membentuk kepribadian anak dan bagaimana cara ia bersikap. Kenangan yang buruk akan menghambat psikologi perkembangan anak. Sebaiknya, orang tua harus berhati-hati dalam memberi perlakuan kasar atau tidak menyenangkan kepada anak yang dapat melukai fisik dan psikisnya.

Tidak hanya kesehatan fisik saja, kesehatan mental anak juga penting. Psikologi perkembangan anak dapat terhambat jika melakukan pola asuh yang tidak tepat. Anda juga harus memperhatikan faktor eksternal seperti lingkungan sekitar yang berpengaruh besar bagi tumbuh kembang anak.