Mengajarkan gerakan motorik dasar pada anak usia dini bisa membuat anak semakin pintar. Menurut seorang ahli, rangkaian senam anak TK dapat membantu meningkatkan motorik dasar si kecil. Dengan cangkupan gerakan pemanasan, gerakan inti, dan gerakan penutup, senam ini dapat memperlancar aliran darah ke otak sehingga si kecil mampu berpikir dengan baik. Dalam artikel ini, Anda dapat memahami mengenai manfaat senam anak-anak dan pada usia berapakah sebaiknya anak harus mulai senam?

senam anak tk

Manfaat memulai senam untuk anak TK dan balita usia dini

  • Meningkatkan kepadatan otot dan kekuatan balita agar menjadi lebih bugar.
  • Membantu anak-anak untuk belajar bagaimana menyeimbangkan diri mereka sendiri.
  • Anak-anak membangun kekuatan cengkeraman serta belajar mengayun. 
  • Anak-anak belajar cara mendengarkan orang yang lebih tua dan mengikuti arahan. 
  • Melatih senam anak-anak sejak dini dapat menjadi penopang untuk olahraga lain seperti sepak bola, voli, hingga bola tangen. 
  • Dapat meningkatkan kepercayaan diri anak, dan anak-anak merasa senang dengan diri mereka. 

Ketika mengajarkan senam anak-anak, maka gerakan tidak boleh yang sulit. Yang paling penting, gerakan harus ceria karena ini adalah gambaran dari dunia anak-anak yang menyenangkan. 

Selain jenis gerakan yang mudah dan tidak sulit, hal lain yang harus Anda perhatikan saat melatih senam anak TK adalah fokus pada iringan lagu bukan malah fokus dengan hitungan. Misalkan saja lirik lagu saat pemanasan, anak-anak biasanya masih banyak melakukan kesalahan, dan inti gerakan kedua atau ketiga mereka baru bisa benar gerakannya. 

senam anak tk

Anak-anak menjadi tidak cepat bosan

Manfaat senam anak TK juga dapat menghindarkan si kecil dari kecenderungan sifat bosan. Jika anak-anak tidak dilatih dengan gerakan motorik dasar, secara tidak langsung anak tidak akan banyak bergerak. Hal ini biasanya akan membuat anak menjadi cepat bosan dan sering marah atau ngambek. 

Senam anak-anak sebagai salah satu gerakan motorik dapat berfungsi sebagai langkah awal melatih anak untuk menulis. Otot tangan dan lengan nantinya dapat berkembang dengan baik sehingga anak pun mampu menulis jauh lebih cepat.