Setiap orangtua menginginkan si kecil tumbuh menjadi anak yang mandiri dan berani di masa depan. Tidak hanya kedua orangtua, lingkungan juga memiliki andil besar dalam membentuk karakter anak. Untuk itu, Anda perlu memberikan nilai-nilai positif sejak dini. Tujuannya agar pembentukan karakter si kecil menjadi anak mandiri dan berani lebih mudah. Nilai positif tersebut bisa Anda temukan dengan mempraktikkan tips berikut ini.  

1. Jangan melabeli hingga membanding-bandingkan si kecil

Tips pertama untuk membentuk karakter anak yang berani adalah jangan pernah melabeli mereka. Seperti label anak nakal, bandel serta kata-kata negatif lainnya. Hal tersebut memicu si kecil untuk enggan mengeksplorasi diri, bahkan menutup diri kepada orang lain. Apalagi sampai membanding-bandingkan si kecil dengan temannya. Alih-alih membandingkan, berikan kata-kata bersemangat ketika melakukan kekeliruan. Dan berikan pujian jika si kecil berhasil melakukan suatu hal. 

2. Beri kebebasan untuk bermain

Saat si kecil sedang bermain, jangan sampai Anda memberi batasan kepada mereka. Berikan kebebasan untuk bermain, namun tetap melihat waktu dan kondisi. Tips tersebut tidak hanya berperan untuk pembentukan karakter, tapi juga dapat memberikan manfaat untuk perkembangan anak di usia dini. Seperti kemampuan motorik halus dan kasar si kecil serta kemampuan mereka untuk bersosial.

3. Beri contoh sifat positif

Membentuk karakter si kecil menjadi anak mandiri juga bisa dimulai dari Anda. Jangan ragu untuk memberikan contoh seperti perilaku dan perkataan ketika bersama mereka. Contohnya seperti menyapa ketika bertemu dengan seseorang, membuang sampah di tempatnya, dan hal-hal bersifat positif lainnya. 

4. Memberikan tanggung jawab sederhana kepada si kecil

Melatih anak menjadi pribadi yang mandiri dan berani juga bisa dimulai dengan memberi mereka tanggung jawab. Berikan pemahaman secara lembut sehingga mereka dengan mudah untuk belajar. Salah satu contohnya adalah meminta mereka untuk membereskan mainan usai bermain. Kedepannya, mereka dapat dengan mudah memecahkan masalah tanpa perlu melibatkan orang tua.