Beberapa orang tua masih ada yang khawatir tentang boleh atau tidak mengajarkan anak cara belajar huruf pada anak dibawah usia tiga tahun. Beberapa mungkin berpikir tidak baik untuk mengajari anak terlalu banyak saat dini mampu membuat stress dan melemahkan dorongan anak untuk belajar.

Namun tahukah Anda jika pada usia 2 – 4 tahun seorang anak dalam tahap mengembangkan kemampuan berbicara dan bahasanya yang akan berkaitan dengan perkembangan membaca di kemudian hari. Pada usia emas ini orang tua ditekankan untuk lebih sering membacakan dongeng atau bermain dengan kartu dan poster yang akan membantu si anak dalam mengenal kosa kata baru. Sehingga selain mendapatkan kosa kata baru, anak juga akan mengenal huruf abjad yang sering dia lihat di dalam buku, poster, kartu, atau gambar.

belajar huruf

Dalam beberapa kasus terdapat anak yang sudah mulai bisa menulis dan membaca angka atau huruf di bawah usia tiga tahun. Itu bukanlah hal yang mustahil, semua anak bisa seperti itu jika dilatih dan di asah kemampuan motoriknya sejak dini. Tidak perlu berusaha terlalu keras dan memaksa anak untuk belajar baca, cukup mengulang cara mengenal huruf abjad dan angka dengan cara yang menyenangkan bagi anak. Dengan intensitas pengulangan yang teratur akan membantu anak lebih cepat mengenal huruf abjad dan angka. Selain itu juga akan meningkatkan daya ingat anak.

belajar huruf

Pada usia 4-5 tahun anak akan lancar membaca huruf dan angka. Sehingga nantinya mereka tidak akan kesulitan lagi membaca saat dia duduk di bangku sekolah dasar jika sudah dilatih belajar huruf sejak dini. Jika Anda memiliki biaya lebih ada baiknya memasukan anak Anda ke dalam kelas playgroup atau PAUD sebelum TK. Namun jika tidak bisa, semua bisa diajarkan dan dilatih dalam rumah. Sudah banyak fasilitas dan produk yang bisa digunakan untuk anak mengenal huruf abjad di rumah dengan mudah. Yuk bunda, ajarkan anak belajar huruf abjad dan angka sejak dini!.