Pendidikan anak usia dini makin hari semakin beragam. Tak hanya pendidikan umum, bahasa juga diajarkan sejak dini. Termasuk bahasa inggris yang sudah masuk dalam kurikulum pendidikan sekolah dasar. Belajar bahasa inggris untuk anak terbilang gampang-gampang susah. Apalagi jika tidak didukung dengan lingkungan yang kuat.

belajar bahasa inggris untuk anak

Sebagai modal sebelum masuk sekolah, Anda bisa mengajarkan si kecil untuk belajar bahasa Inggris dari rumah. Tips meningkatkan minat belajar bahasa inggris juga banyak. Beberapa tekniknya ada di bawah ini.

1. Belajar dari Lagu Favorit

Lagu anak-anak kini tidak hanya berbahasa Indonesia. Banyak lagu dengan bahasa inggris yang cocok dijadikan sarana belajar si kecil. Setidaknya, putar dua sampai empat kali dalam sehari lagu favoritnya. Jangan lupa untuk menjelaskan lirik lagu sehingga mereka bisa menghafal sekaligus memahami maksud dari lagu.

2. Menonton Film Kartun Favorit

Film dengan bahasa inggris untuk anak-anak kini makin banyak. Anda bisa mengajak si kecil untuk menonton film tersebut ketika akhir pekan. Agenda ini tidak hanya tips meningkatkan minat belajar bahasa inggris anak, tapi juga mempererat ikatan batin keluarga. Mereka juga bisa belajar untuk berbicara dengan meniru tokoh utama favoritnya.

3. Memberi Nama Berbahasa Inggris di Setiap Benda

Untuk merangsang kemampuan mereka untuk membaca dan menghafal, Anda juga bisa menulis kata bahasa inggris di sticky note. Kata-kata tersebut harus sesuai dengan benda yang akan ditempel. Hal ini dapat merangsang anak untuk belajar baca dan juga berbicara bahasa inggris. 

4. Bercakap dengan Bahasa Inggris

Semakin dewasa, biasanya anak mulai bisa menghafal kosakata dalam bahasa inggris. Untuk membuat mereka tetap mengingat, Anda juga bisa ikut serta dalam meningkatkan minat belajar mereka. Caranya dengan bercakap menggunakan bahasa inggris. Ucapkan kata-kata yang sudah dimengerti dan mudah dicontoh. Jika rutin dilakukan, anak akan terbiasa berbicara dengan bahasa tersebut.