Masa kanak-kanak dipenuhi oleh rasa ingin tahu dan mereka dengan mudah meniru perilaku orang dewasa. Sikap orang tua, guru, dan lingkungan sekitar pada anak memberi pengaruh besar terhadap tumbuh kembangnya. Sebagai orang tua, akan lebih baik memahami pengetahuan tentang perkembangan psikologi anak secara lebih dalam. Hal tersebut bertujuan agar cara mendidik anak lebih terarah dan tepat. Informasi berikut membantu Anda untuk mengetahui tahapan psikologi perkembangan pada anak.

Fisik dan Kemampuan Motorik

Perkembangan fisik pada usia dini berfokus pada sejumlah hal mulai dari berat badan, tinggi, otak, hingga kemampuan motorik baik secara halus dan kasar. Maksud dari motorik kasar yakni segala hal yang berkaitan dengan bergerak seperti lari atau lompat. Sedangkan motorik halus lebih berfokus pada kegiatan ringan yang melibatkan otot kecil serta koordinasi antara mata dan tangan seperti merobek, melipat kertas, dan sebagainya.

Tahapan Kognitif

Kognitif termasuk tahapan perkembangan psikologi anak. Pertumbuhan kognitif terdiri dari empat tahap, di antaranya tahap sensorimotor, praoperasional, operasional, dan operasional formal. Setiap tahap dialami oleh rentang usia yang berbeda-beda. Tahapan tersebut menjelaskan mulai dari si kecil yang masih belum bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan hingga fase remaja yang siap menghadapi realita dunia pada masa dewasa.

Perkembangan Bahasa

Masa prasekolah membuat kemampuan berbahasa anak berkembang pesat. Kemampuan bahasa berkembang seiring bertambahnya usia. Anda bisa memanfaatkan fase tersebut dengan mengajaknya membaca, berinteraksi dengan saling melontarkan pertanyaan, atau memberikan edukasi anak usia dini. Tahapan bahasa berpengaruh pada perkembangan psikologi anak sehingga orang tua harus lebih berhati-hati dan memberikan yang terbaik dalam cara mendidik anak.

Sosio-Emosional

Tahapan emosional sebenarnya dialami sejak bayi mulai dari menangis, tertawa, dan sebagainya. Bertambahnya usia membuat anak belajar mengenal banyak hal yang membuatnya siap untuk bersosial. Orang tua patut memperhatikan cara mendidik anak dengan tepat sehingga si kecil dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Sejumlah tahapan perkembangan psikologi anak tadi membantu untuk mengenal lebih jauh tentang si kecil. Selain itu juga berguna untuk memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh sang anak.