Membacakan cerita anak sebelum tidur adalah salah satu aktivitas yang dapat mengajarkan anak belajar membaca sejak dini. Aktivitas ini juga jadi salah satu cara untuk mengalihkan kebiasaan ngedot atau ngempeng si kecil. Meski punya manfaat positif, Moms juga harus memilih dengan bijak cerita anak sebelum tidur mana yang ingin dibacakan pada si kecil. Pilih jenis cerita yang sesuai dengan usia si kecil supaya mereka lebih mudah mencerna. 

cerita anak sebelum tidur

Misalnya saja, untuk anak usia 1-3 tahun, pilih cerita anak sebelum tidur yang sederhana dan banyak gambar. Berikut beberapa rekomendasi cerita yang cocok untuk anak usia di bawah 5 tahun. 

1. Kancil dan Buaya

Cerita tentang Kancil adalah salah satu cerita paling populer untuk anak-anak. Salah satunya kisah Kancil dan Buaya. Pada suatu hari, Kancil ingin menyebrangi sungai dan mencari makan di daratan sebelah namun jembatan yang digunakan untuk menyebrang rusak. Sebagai hewan yang cerdik, Kancil mencoba mencari ide bagaimana menyeberang ke daratan sebelah. Akhirnya, Kancil bertemu dengan buaya dan membuat buaya tertipu sehingga bisa menyeberang ke daratan sebelah. 

2. Kelinci Sombong dan Kura-kura 

Cerita ini mengisahkan tentang seekor Kelinci yang sombong, ia merasa dirinya adalah binatang dengan kemampuan berlari paling cepat. Karena sifat sombongnya ini, ia menantang kura-kura untuk lomba lari. Kura-kura yang memiliki sifat rendah hati, menerima ajakan si Kelinci tanpa tahu niat buruk Kelinci sebelumnya.

3. Tikus dan Singa

Ini adalah cerita tentang seekor tikus yang mencoba bersikap jahil pada singa. Secara sengaja tikus tersebut berusaha membangunkan di Singa. Kemudian Singa sangat marah, ia mengejar si Tikus kemudian ingin memakannya. Namun Tikus memohon sambil menangis untuk memaafkannya. Dengan lapang dada Singa memaafkan Tikus dan Tikus pun berjanji akan membalas kebaikan Singa suatu hari. 

4. Cerita Tentang Pangeran Katak

Di suatu malam, seorang putri raja pergi bermain ke hutan sambil membawa bola emas favoritnya. Putri memainkan bola kelasnya dengan cara dilempar ke udara, tapi ternyata bola itu jatuh hingga ke dasar mata air. Kemudian seekor katak membantu sang putri untuk mengambil bola tersebut. Sang putri pun berjanji akan mengabulkan apapun permintaan si katak.