Senam adalah gerakan yang bisa dilakukan siapa saja tanpa batas usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lanjut usia. Namun untuk anak sekolah dasar, biasanya senam dilakukan satu minggu sekali setiap pagi. Gerakan senam anak Sekolah Dasar memberi sejumlah manfaat salah satunya dapat memperlancar aliran darah ke otak. Anda juga bisa melakukannya di rumah dengan mencari informasi terkait gerakan senam anak SD terbaru di internet. Sehingga kesehatan fisik anak selalu terjaga. Simak sejumlah tips bagi orang tua yang ingin melakukan senam anak SD atau senam anak TK di rumah.

1. Sediakan Tempat yang Nyaman

Ketika ingin senam di rumah, akan lebih baik untuk melakukannya di ruang terbuka seperti halaman rumah atau lapangan di sekitar tempat tinggal. Ruangan yang luas membuat anak dapat bergerak secara leluasa. Selain itu, pilih waktu yang tepat seperti pagi atau sore hari sehingga mendapatkan manfaat dari sinar matahari yang berguna untuk tubuh. Sinar matahari di pagi dan sore hari juga tidak terlalu terik. Jika tak memiliki halaman, bisa melakukannya di dalam rumah namun harus tetap memperhatikan sirkulasi udara agar lebih nyaman.

Senam Anak Sekolah Dasar

2. Lakukan Pemanasan

Sebelum senam, pastikan untuk melakukan pemanasan. Jalan di tempat adalah salah satu gerakan senam anak Sekolah Dasar yang mudah dan efektif. Caranya dengan menginjak-injakkan kaki secara bergantian mulai dari kiri dan kanan diiringi gerakan tangan yang saling berayun kanan kiri.

3. Senam Terdiri dari Tiga Bagian

Setiap senam baik senam anak TK, SD, remaja, hingga dewasa terdiri dari tiga bagian. Bagian tersebut yakni pemanasan, gerakan inti, dan pendinginan. Pemanasan bisa dilakukan seperti yang telah disebutkan tadi yaitu jalan di tempat. Gerakan inti bisa bermacam-macam dan biasanya membutuhkan gerakan tangan dan kaki yang lebih bertenaga. Ketiga, pendinginan yang terdiri dari gerakan-gerakan santai agar tubuh dapat beristirahat dan dapat kembali menjadi rileks. Pastikan untuk memasukkan tiga bagian ini sebelum Anda melakukan senam untuk anak SD.

Senam Anak Sekolah Dasar

4. Gunakan Musik dengan Irama Tepat

Pilihlah musik yang iramanya lebih enerjik sehingga senam menjadi lebih menyenangkan. Sebaiknya untuk tidak menggunakan musik yang iramanya terlalu cepat karena hal tersebut dapat membuat anak mudah lelah. Referensi musik senam anak Sekolah Dasar terbaru bisa Anda cari di internet, sehingga tak perlu kesulitan untuk mendapatkanya.

Kini, Anda bisa lakukan senam anak Sekolah Dasar di rumah. Senam memiliki banyak manfaat dan sebaiknya rutin dilakukan setiap minggu. Senam dapat membuat fisik dan tumbuh kembang anak jadi lebih baik.