Selain belajar menulis, berhitung adalah salah satu kemampuan akademik dasar yang sudah mulai dipelajari si kecil saat memasuki playgroup atau taman kanak-kanak. Belajar berhitung erat kaitannya dengan perkembangan aspek kognitif pada pertumbuhan anak itu sendiri.

Tak heran dong kalau jaman sekarang ini, anak TK atau playgroup sudah diajari operasi hitung dasar seperti penjumlahan dan pengurangan. Karena itu, tidak ada salahnya jika Anda membantu si kecil belajar menghitung sederhana dengan mudah. Berikut 5 cara belajar berhitung yang mudah untuk anak-anak, coba yuk!

belajar menghitung

1. Menghitung sambil makan 

Anda bisa mengajarkan berhitung angka 1, 2, hingga 10 saat anak-anak sedang makan. Misalnya dengan meletakkan 2 butir kacang polong di sendoknya. Kemudian minta si kecil untuk menghitung berapa jumlah kacang polong yang ada di sendoknya. Hal ini juga bisa diterapkan dengan permen ataupun coklat yang jadi kesukaan anak. Ajak anak belajar menghitung lebih dulu sebelum memakannya. 

2. Berhitung melalui lagu

Lagu jadi salah satu sarana efektif yang bisa digunakan untuk belajar berhitung. Salah satunya adalah lagu  Satu Satu Aku Sayang Ibu. Anda bisa mengajarkan lagu ini sambil memperagakan dengan jari, sehingga si kecil bisa dengan mudah mengenal hitungan 1, 2, dan 3 dengan cara yang menyenangkan. Selain itu, masih ada lagu Balonku Ada Lima yang dapat membantu anak belajar menghitung pengurangan bilangan. 

3. Menata kulkas jadi kegiatan yang menyenangkan sambil berhitung

Biasanya nih, si kecil punya rasa penasaran yang tinggi terhadap isi kulkas atau belanjaan yang baru saja Anda beli di supermarket. Anak-anak suka buah-buahan dengan warna cerah dengan bentuk menarik. Manfaatkan keingintahuan mereka untuk menarik perhatian belajar berhitung sambil menata buah di kulkas. Mulai dari tomat, apel, jeruk, mangga, hingga strawberry. 

4. Gunakan mainan favorit si kecil

belajar menghitung

Anda juga bisa mengajak si kecil untuk belajar berhitung melalui mainan kesayangan. Bila anak-anak menyukai mainan kereta, maka bisa menempelkan angka-angka di setiap gerbong kereta, kemudian ajak si kecil untuk mengangkat gerbong sesuai dengan angkanya. Atau bisa juga dengan mengajak si kecil membereskan mainan yangs udah dipakai ke tempatnya sambil menghitung jumlah mainan yang dimilikinya.