Selai pertumbuhan fisik, perkembangan bahasa anak usia dini adalah salah satu hal yang sangat menarik untuk diikuti oleh ibu. Perkembangan bahasa anak akan mengikuti usia dan waktu. Semakin usia anak bertambah, semakin baik pula perkembangan bahasa mereka. Perkembangan bahasa anak usia dini bisa ditelusuri berdasarkan usianya, seperti penjelasan berikut ini.

Bayi yang baru lahir

Ketika anak baru saja lahir, ia belum mengenal bahasa dan tidak bisa mengucapkan apapun. Akan tetapi mereka sudah mulai mengenal ritme, nada, dan kecepatan suara dari orang yang ada di sekitarnya. 

Usia anak 3 hingga 12 bulan

Di usia ini, ibu sudah bisa mulai mendengarkan suara anak yang tertawa, mengoceh atau babbling yang dilontarkan oleh anak. Di masa inilah ibu akan merasa anak sangat lucu karena mereka tengah berusaha belajar berkomunikasi melalui gerakan tangan untuk memperjelas ucapannya. Memasuki usia 12 bulan, mereka akan mulai belajar mengucapkan kata-kata pertamanya. Seringnya kata-kata tersebut adalah “mama” atau “ibu”, tergantung panggilan orang tua masing-masing. 

Usia 12 hingga 18 bulan

Pada usia ini, anak akan sering mengucapkan kata dengan makna tertentu, seperti kata “dada” yang memiliki rujukan “ayah atau papa”. Seiring berjalannya waktu, bayi akan bisa menambah kosa katanya sendiri mengikuti pembicaraan yang diucapkan oleh orang-orang disekitarnya.  

Usia 18 bulan hingga 2 tahun

perkembangan bahasa anak usia dini

Perkembangan bahasa anak makin meningkat dengan bertambahnya kosakata yang dipelajari anak. Mereka mulai bisa menggabungkan beberapa kata menjadi kalimat kecil. Ibu mulai bisa mengerti apa yang diucapkan si Kecil, begitu juga dengan sebaliknya. 

Usia 2 hingga 3 tahun

Di usia ini, perkembangan bahasa anak di usia ini ditandai dengan makin panjang dan kompleksnya bahasa yang diucapkan. Mereka mulai suka berbicara sambil bermain. Ditambah mereka mulai bicara dengan benar dengan orang yang ditemuinya.

Usia 3 hingga 5 tahun

Ibu akan menemui anak suka menanyakan hal-hal yang lebih komplek dan abstrak, misalnya saja pohon jeruk apakah akan tumbuh dalam tubuhnya jika mereka menelan bijinya. Anak juga sudah mulai memahami aturan pembuatan bahasa dasar dan mencoba merangkai kalimat yang lebih sulit. 

Usia 5 hingga 8 tahun

Menjelang masuk sekolah, anak jadi lebih pandai bercerita dan bisa membuat berbagai kalimat. Di usia 7-8 tahun, mereka juga sudah fasih bicara layaknya orang dewasa.