Ketika anak sudah siap untuk lepas ASI atau sudah berada di usia 2 tahun lebih, maka para ibu akan menyapih atau menghentikan bayi menyusu dari ASI. Menyapih anak dari ASI termasuk gampang-gampang susah, mereka biasanya suka rewel. Jangan khawatir, berikut 5 tips ampuh cara menyapih anak dari ASI yang efektif untuk ibu muda.

cara menyapih anak dari asi

1. Tentukan Waktu Yang Tepat

Memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan itu sangat penting, jika memungkinkan bagi sang ibu dan anak bisa dilanjutkan hingga 2 tahun. Pada dasarnya setelah 6 bulan pertama anak sudah diperbolehkan mendapat makanan pendamping asi (MPASI). Maka disini sangat penting menentukan waktu yang tepat, melihat dari kesiapan sang ibu dan anak. Sang ibu harus siap untuk merelakan memberikan ASI pada sang anak sehingga tidak akan menggoyahkan dan memberikan ASI kembali.

2. Kurangi Frekuensi

Sebelum memutuskan untuk menyapih ada baiknya kurangi frekuensi menyusui pada anak agar tidak terjadi penolakan tiba-tiba dari anak. Anda bisa lakukan selang seling memberikan susu formula dan ASI supaya anak lebih terbiasa saat diputus ASI sepenuhnya.

3. Beri MPASI dan Camilan Bergizi

Kekhawatiran ibu tentang menyapih anak 2 tahun dari ASI adalah takut sang anak kekurangan gizi dan vitamin yang hanya bisa didapatkan dari ASI. Maka dari itu ibu harus mempertimbangkan dan memperhatikan sungguh-sungguh tentang pemberian MPASI dan cemilan bergizi pada anak.

4. Ubah Kebiasan Tidur

Ubah kebiasaan sebelum tidur anak yang biasa menyusu adalah cara menyapih anak dari ASI paling efektif. Bisa diganti dengan hal yang menyenangkan, atau membiasakan anak tidur tanpa menyusu. Bisa juga dengan memberikan susu formula atau ASI dalam botol susu atau gelas.

5. Biarkan Bermain

Biarkan anak bermain dengan sesuatu atau bersama teman-temannya akan membuat anak mudah lupa tentang menyusu. Apalagi jika teman-teman sang anak minum dari botol susu anda bisa mulai mencoba memberikannya agar sang anak terbiasa minum dari botol susu.