Hampir semua ibu hamil muda mengalami morning sickness. Keadaan lelah letih dan tak bernafsu makan. Hal tersebut tentu saja mempengaruhi perkembangan janin di dalam rahim. Apalagi mengingat tiga bulan pertama merupakan fase penting karena tengah berlangsung pembentukan organ janin. Alih-alih tak bernafsu makan, ada cara menyiasati kondisi lemah yaitu mengonsumsi makanan sehat ibu hamil dengan kandungan nutrisi tinggi. Apa saja makanan yang baik untuk ibu hamil di trimester pertama tersebut? Berikut daftarnya 

1. Sayuran Hijau

Makanan sehat ibu hamil di trimester pertama yaitu memperkaya sayuran hijau. Pilihannya banyak, seperti brokoli, bayam, kubis, serta sawi. Sayuran tersebut kaya nutrisi dengan kandungan vitamin C, vitamin K, kalsium, zat besi, folat, kalium serta serta antioksidan yang dibutuhkan ibu hamil.

makanan yang baik untuk ibu hamil

2. Buah-buahan

Sama halnya dengan sayur, buah juga makanan yang baik untuk ibu hamil. Kandungan vitamin, mineral serta serat menjaga kesehatan pencernaan. Untuk buah yang cocok bagi bumil dengan usia 1-3 bulan yaitu jeruk, mangga, pepaya, alpukat, melon, stroberi, kiwi dan pisang. Selain bisa dimakan langsung, Anda juga bisa menyajikan dalam bentuk jus. 

makanan yang baik untuk ibu hamil

3. Kacang-kacangan

Makanan dengan kandungan folat sangat penting bagi ibu hamil, terutama hamil muda. Folat dapat mencegah bayi cacat tabung saraf dan lahir dengan berat badan rendah. Kandungan ini biasa ditemukan dalam kacang-kacangan seperti kedelai, kacang panjang, kacang polong, dan kacang tanah.

4. Ikan, telur, dan daging

Makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama berikutnya adalah ikan, telur dan daging. Ketiganya merupakan sumber protein dan asam lemak omega 3 untuk membantu perkembangan otak dan sistem saraf janin. Beberapa ikan yang bisa dikonsumsi yaitu lele, kembung, nila, mujair, salmon dan tuna dengan kandung rendah merkuri. 

Selain di atas, makanan berkarbohidrat juga wajib dikonsumsi. Bisa nasi, kentang, roti atau sereal. Manfaatnya sebagai sumber tenaga bagi ibu dan dibutuhkan untuk proses pembentuk organ untuk janin. Selain itu, imbangi dengan asupan air putih cukup. Anda juga bisa mengkonsumsi susu atau produk olahan lainnya, seperti yogurt dan keju. Kandungannya dapat mendukung pertumbuhan janin dan kesehatan tulang ibu hamil. Pastikan memilih yang rendah lemak serta tidak dipasteurisasi karena beresiko mengandung bakteri.