Kondisi seorang ibu hamil berbeda satu sama lain. Menariknya, ada beberapa dari mereka yang mengalami keputihan saat hamil muda. Hal tersebut bisa dikatakan normal jika cairan yang keluar jernih dan tanpa bau. Namun jika berubah warna dan diiringi gejala tertentu, sudah dianggap tidak normal dan bisa timbul infeksi. Untuk mengatasi keputihan saat hamil sedini mungkin, Anda bisa melakukan beberapa tips pencegahan berikut ini. 

keputihan saat hamil

1. Rajin cuci tangan

Cara mudah mencegah terjadinya keputihan saat hamil bisa dimulai dengan mencegah kebersihan area organ intim. Salah satu caranya rajin mencuci tangan sebelum atau sesudah menyentuh area organ intim. Pastikan mencuci tangan dengan benar.

2. Basuh organ intim dengan benar

Bukan hanya tangan saja yang harus dicuci dengan benar, organ intim juga perlu dibasuh dengan benar. Pastikan setelah buang air besar atau air kecil membersihkan area intim dengan air. Caranya dengan membasuh dari arah depan ke belakang. Hal tersebut berguna untuk mencegah masuknya bakteri dari anus ke vagina. Jangan lupa untuk mengeringkan dengan handuk atau tisu agar tetap kering dan kelembabannya terjaga.

3. Kurangi penggunaan sabun untuk area intim

Belakangan, sabun untuk area intim tengah banyak beredar di pasaran. Namun, untuk membersihkan organ intim disarankan menghindari memakai sabun berparfum, sabun pembersih kewanitaan atau vagina douche. Penggunaan sabun tersebut dapat berpengaruh kepada keseimbangan bakteri baik dan pH. Jika dibiarkan, resiko alami infeksi semakin besar.

4. Pilih pakaian dalam yang nyaman

Untuk menghindari keputihan saat hamil muda bisa dengan memperhatikan kembali pakaian dalam yang digunakan. Tak harus cantik, yang penting nyaman saat digunakan. Salah satu bahan paling tepat untuk ibu hamil yaitu pakaian dalam berbahan katun dan longgar. Anda juga mengganti pakaian dalam lebih rutin dari biasanya. Pastikan area intim dalam keadaan kering dan selalu bersih.

5. Konsumsi makanan sehat dan bernutrisi

Morning Sickness menjadi salah satu penghambat ibu hamil untuk makan makanan sehat. Namun, Anda sebaiknya tetap mengkonsumsi makanan bernutrisi. Selain untuk kesehatan janin, makanan tersebut apalagi karbohidrat dan biji-bijian utuh dapat mencegah terbentuknya lingkungan yang mendukung bakteri berkembang. Lengkapi pula dengan minum air putih secara teratur sehingga dapat mengeluarkan racun dan bakteri dari tubuh.